Senin, 30 Agustus 2010

Nama badai

Untuk memudahkan masyarakat mengidentifikasi badai, Pusat Badai Nasional Amerika Serikat menggantikan sistem lama yang menggunakan koordinat peta dengan nama-nama orang suci, terutama para santa (wanita suci dalam Gereja Katolik). Sistem ini berlaku mulai 1959.

Hari kelahiran seorang santa yang bertepatan, atau terdekat, dengan terjadinya badai ditetapkan sebagai nama badai. Cara ini lama-kelamaan dianggap diskriminatif, sehingga mulai 1979 dimasukkan juga nama para santo (pria suci) secara berselang-seling berdasarkan urutan abjad.

Kini, wewenang memberikan nama dipegang oleh Organisasi Meteorologi Dunia, yang mengeluarkan daftar tahunan sebagai berikut.

Nama Badai 2005
Arlene, Bret, Cindy, Dennis, Emily, Franklin, Gert, Harvey, Irene, Jose, Katrina Lee, Maria, Nate, Ophelia, Philippe, Rita, Stan, Tammy, Vince, Wilma.

Sistem penamaan badai dirotasi setiap enam tahun sehingga daftar ini akan digunakan lagi pada 2011, dengan perkecualian badai paling mematikan akan dikeluarkan dari daftar. Katrina tampaknya menjadi calon utama yang akan tersingkir enam tahun lagi, seperti Floyd dan Lenny yang ada di daftar 1999 namun tahun ini "pensiun" digantikan Franklin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar